Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Anggota KPU RI, Viryan Aziz meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) 'Tuah Silok' yang dibuat KPU Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa 15 Mei 2018. Anggota KPU Provinsi Kalbar Theresia Masiono Mongaris juga hadir pada kesempatan itu. Ketua KPU Kabupaten Kapuas Hulu, Lisma Roliza, SH menjelaskan, RPP bernama Tuah Silok tersebut memiliki arti khusus. Tuah artinya keberuntungan, sementara Silok (arwana) ikan yang menarik, sehingga disukai banyak orang serta harganya pun mahal. “Jadi artinya tuah silok adalah keberuntungan, karena disukai orang banyak. Maka rumah pintar Pemilu ini membawa keberuntungan dan disukai banyak orang,” papar Ketua KPU Kapuas Hulu.

Dalam membangun RPP tersebut, pihak KPU Kapuas Hulu memanfaatkan ruangan yang ada di kantor, meski sederhana namun sudah memenuhi unsur yang dipersyaratkan. Untuk itu Ketua KPU Kapuas Hulu berharap, RPP bisa menjadi reperensi bagi siapapun dalam mengetahui data dan informasi seputar Pemilu. “Dosen atau mahasiswa yang membutuhkan informasi dan data bisa datang langsung ke RPP, kami langsung layani,”. Dengan adanya RPP, Ketua KPU Kapuas Hulu berharap pelayanan Pemilu dalam setiap tahapan menjadi lebih berkualitas dan meningkat secara kuantitas jumlah partisipasi pemilihnya. “RPP bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang demokrasi dan menanamkan nilai–nilai demokrasi, sehingga bisa menciptakan kepedulian masyarakat Kapuas Hulu dalam Pemilu,” tegas Ketua KPU Kapuas Hulu.

Dalam kesempatan tersebut, Komisioner KPU Kalbar, Theresia Masyono Mongaris mengharapkan, sesuai namanya RPP Tuah Silok benar–benar membawa keberuntungan dan disenangi semua orang dalam menyukseskan Pemilu. “Memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya bagi pemilih pemula bisa belajar dan menimba ilmu tentang tahapan Pemilu melalui RPP, dengan harapan partisipasi pemilih meningkat dan masyarakat akhirnya mengerti akan pentingnya Pemilu,” harap Komisioner KPU Kalbar. Komisioner KPU Kalbar mengatakan pula, tinggal hitungan hari Kalbar akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur, maka Komisioner KPU Kalbar mengajak masyarakat Kapuas Hulu hendaknya dapat menggunakan hak konstitusi dalam Pilgub Kalbar Tahun 2018 nanti.

Sementara itu Komisioner KPU RI, Viryan Aziz menyampaikan, hari ini ada dua RPP di Kalbar yang ia resmikan, yakni RPP Kapuas Hulu dan RPP Kabupaten Sintang. Komisioner KPU RI menekankan, melalui RPP tersebut hendaknya bisa membantu dalam meningkatkan kualitas Pemilu di Indonesia. “Dengan adanya RPP dengan harapan bisa menjadi wadah belajar kita semua dalam mencari informasi dan klarifikasi. Karena akhir–akhir ini muncul berbagai ujaran kebencian, hoax dan sebagainya yang bisa menurunkan kualitas Pemilu,”. Dijelaskan Komisioner KPU RI, RPP bisa menjadi wadah belajar bukan hanya masyarakat, tetapi penyelenggara Pemilu juga. RPP sudah terbentuk di 34 Provinsi se–Indonesia. Sementara di Kalbar, KPU Kabupaten Kapuas Hulu yang kedelapan sudah membentuk RPP. “Untuk Pemilu serentak, RPP bisa menjadi ujung tombak dalam informasi dan klarifikasi. Kami juga mohon dukungan pihak TNI/Polri serta Pemda dalam penyelenggaraan RPP ini,” ucap Komisioner KPU RI.

Komisioner KPU RI juga mengapresiasi atas kreasi yang disajikan oleh KPU Kabupaten Kapuas Hulu dalam peresmian RPP ini. Menurut Komisioner KPU RI, peresmian RPP Tuah Silok tersebut sangat istimewa, karena pelajar dilibatkan tampil dalam paduan suara dan menyanyikan himne Pemilu. “Artinya ini sebuah inovasi dan kreasi, meski kita jauh dari ibukota. Jadi kita sangat apresiasi. Ini sekaligus bentuk pembinaan untuk pelajar sebagai pemilih pemula,” tutup Komisioner KPU RI.


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)