Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono menjadi inspektur upacara pada Apel Tiga Pilar yang diadakan di halaman Markas Polres Kapuas Hulu, Kamis 24 Mei 2018 pagi. Apel tersebut melibatkan 500an orang, mulai dari Kepala Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh-tokoh dan perwakilan oganisasi kemasyarakatan. 

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono mengatakan, keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Indonesia terakhir ini ada aksi kejahatan kemanusiaan (penyerangan aparat dan bom bunuh diri). Hal ini secara fisikologis  membawa dampak di Kalbar atau khususnya Kapuas Hulu. "Kita tentu tidak ingin ini terjadi di wilayah kita,". Sebab itu, Kapolda Kalbar berharap teroris tidak ada di Kalbar. Kejahatan kemanusiaan yang dilakukan teroris harus ditangkal bersama-sama. "Saat ini saya dapat laporan dari Kapolres se Kalbar tidak ada kejahatan kemanusiaan yang terjadi, tapi ini harus dicegah jauh-jauh hari, kita harus berangkat dari kesepakatan tiga pilar seperti apel hari ini, kita cegah dan tangkal kejahatan kemanusiaan tersebut," tegas Kapolda Kalbar.

Apel tiga pilar di Kapuas Hulu adalah optimisme membangun rasa kesatuan. Peran aktif elemen tiga pilar yaitu Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas sangat dibutuhkan. "Kamtibmas memang harus dimulai dari tempat terkecil. Sebab itu pola pengamanan siskamling agar diaktifkan oleh tiga pilar. Tiga pilar harus jadi pemecah masalah, jangan masalah yang kecil dibiar berlarut-larut. Tiga pilar aktifkan info keamanan terkait hal yang asing dan aneh, agar cegah dan tangkal bisa dilakukan. Apabila ada warga baru dan asing, harus diarahkan melapor ke RT," papar Kapolda Kalbar yang pernah menjabat Kapolres Kapuas Hulu Tahun 2004-2006.

Kapuas Hulu sampai hari ini situasinya masih kondusif, sama dengan Polres lain di kalbar. Ini karena peran bersama-sama, semua pihak aktif menjaganya. "Kita tahu Kalbar ini terdiri dari berbagai budaya. Keanekaan budaya adalah ciri khas yang tidak dimiliki semua daerah dan sudah seharusnya multi budaya ini menjadi pengikat rasa gotongroyong, solidaritas dengan semangat kekeluargaan. Supaya pembangunan diseluruh daerah Kalbar bisa tercapai sesuai harapan," tegas Kapolda Kalbar.

Lebih lanjut, Kapolda Kalbar menambahkan, saat ini kaum Muslim sedang menjalankan ibadah puasa dan akan melaksanakan idulfitri. Semua pihak harus bertoleransi dan sama-sama bergembira dalam acara hari besar tersebut, termasuk juga hari besar keagamaan lainnya. Disisi lain ada beberapa agenda Nasional, Pilkada serentak kemudian asian game yang melibatkan beberapa Negara. "Sebab itu sekali lagi mari bersama-sama ciptakan stabilitas Kamtibmas, mari jadikan Kapuas Hulu wilayah percontohan, untuk jadi wilayah paling aman, tertib, bermartabat dan bertoleransi," pesan Kapolda Kalbar.

Apel tiga pilar yang di Inspekturi Kapolda ini turut dihadiri Bupati Kapuas Hulu, AM. Nasir, SH, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero, S.H., Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi, SIK., MH., Dandim 1206/ Psb, Letkol Inf M Ibnu Subroto, Kajari Kapuas Hulu, Rudi Hartono dan jajaran Forkopinda Kapuas Hulu lainya.


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)