Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Pemerintah Indonesia memberi perhatian penuh terhadap bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Untuk menjamin mutu pendidikan PAUD tersebut bahkan diterapkan sistem akreditasi. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi menjelaskan, PAUD adalah rumah besar yang merangkum semua aspek pendidikan dini. PAUD mencakup TK, Kelompok bermain, ada juga penitipan anak. Kemendikbud RI sendiri sudah membentuk Direktorat PAUD. "Pemerintah Pusat sudah memperhatikan serius tentang PAUD. PAUD harus disiapkan, agar anak bisa mendapat pendidikan sejak dini," papar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Selasa 04 September 2018.

 

Terkait keadaan PAUD di Kapuas Hulu saat ini tenaga pendidiknya masih kurang. Adapun tenaga pendidik itu tamatan SMA serta sarjana yang jurusan diluar ilmu pendidikan. Akan tetapi bagi setiap pengelola PAUD ada pelatihan dari Dinas Pendidikan. Pelatihan itu untuk meningkatkan kualitas mereka. Sebab guru PAUD tidak sekedar memberikan ilmu mendidik, mereka harus turut memahami psikologi anak. "Tenaga pendidik PAUD ada akreditasinya dan mereka menerima sertifikasi, tak ubah guru sekolah pada umumnya. Mereka ada standar kompetensinya," terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu.

 

Untuk lembaga PAUD juga ada akreditasi dan menerima dana BOP dan BOS. Saat ini lembaga PAUD hampir diseluruh Desa se Kapuas Hulu. "Kami bersyukur PAUD ini turut diperhatikan instansi lain, seperti Kepolisian dan TNI. Memang untuk pendidikan ini bukan tanggung jawab Dinas Pendidikan semata, butuh dukungan semua pihak," tutup Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu.


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)