Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Kabupaten Kapuas Hulu merupakan salah satu Kabupaten di Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan wilayah timur Malaysia. Ada tujuh kecamatan yang berbatasan langsung dengan beranda Malaysia, yakni Kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Embaloh Hulu, Batang Lupar, Badau, Empanang dan Puring Kencana. Diantara beberapa Kecamatan perbatasan tersebut terdapat jalur-jalur tikus (jalur tidak resmi) di beberapa kawasan perbatasan yang dapat diakses masyarakat Indonesia untuk masuk kewilayah Malaysia, demikian pula sebaliknya.

Komandan Kodim 1206/ Putussibau, Letkol Infantri M Ibnu Subroto mengatakan, jalur tikus yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu cukup banyak dan perlu lebih diperketat lagi pengawasannya. Sebab,jalur-jalur tersebut sangat rawan untuk akses penyusupan obat-obatan terlarang dan barang-barang illegal lainnya. Jalan tikus di perbatasan itu banyak dan Kodim 1206/ Putussibau sudah berkoordinasi ke Batalyon 502/Ujwala Yhuda devisi 2 Kostrad dalam pengawasannya. Jalur itu memang perlu diperketat pengawasannya.

Kawasan perbatasan Kabupaten Kapuas Hulu sudah jadi incaran para pemasok narkoba jaringan Internasional. Bahkan, terbukti dari kejadian ditahun 2016 lalu, dimana Kabupaten Kapuas Hulu sempat menjadi target transaksi Narkoba skala besar.

Untuk tugas mengawasi beranda depan Republik Indonesia-Malaysia di Kabupaten Kapuas Hulu, Kodim 1206/ Putussibau memiliki empat koramil. Koramil tersebut berada di kecamatan Puring Kencana, Badau, Embaloh Hulu dan Batang Lupar.

Diharapkan dengan pengawasan extra dari semua pihak, baik itu aparat pengamanan, pihak inteljen dan dibantu masyarakat, dapat mencegah masuknya Narkoba dan barang illegal di perbatasan Republik Indonesia-Malaysia. (DISKOMINFO & STATISTIK)


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)