Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Ir.H. Muhammad Sukri, membuka kegiatan Penyuluhan Kearsipan Di Lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kapuas Hulu, yang di laksanakan di Aula Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah setempat, Rabu 12 April 2017 pagi. Kegiatan tersebut di hadiri langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, Ignasius IK dan Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh.

Pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu,  Ir H Muhammad Sukri menuturkan, Kabupaten Kapuas Hulu baru Tahun ini membentuk Kearsipan sendiri. Dengan adanya kegiatan penyuluhan itu, di harapkan dapat membantu memberi panduan bagi SKPD yang ada. Sehingga di Tahun 2018 sudah ada terobosan program Kearsipan.

Dalam Kearsipan, belum semua SKPD tertata baik. Baru ada satu SKPD yang mulai menatanya. Setiap SKPD juga belum ada ruang arsip khusus. "Ini perlu penataan yang lebih baik, di buat arsipnya. Jangan main taruh sembarangan, cari data yang satu Tahun lalu jadi kelabakan, apalagi kalau beberapa Tahun lalu" tegas Muhammad Sukri di hadapan tenaga Kearsipan dari seluruh SKPD Kabupaten Kapuas Hulu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Ir.H. Muhammad Sukri menyatakan, arsip adalah salah satu hal yang penting dalam tata kelola Pemerintahan. Arsip memuat data tentang adanya suatu lembaga Pemerintahan. Karena Kearsipan tersebut penting, semoga setelah ini ada pembinaan tambahan lagi dari Provinsi Kalimantan Barat.

Disisi lain, Peraturan Daerah (Perda) tentang Kearsipan harus di susun Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu. Kalau bias di usahakan saat perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di Tahun 2017 ini Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) itu sudah di usulkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu. "Kalau tidak ada Perda, apa yang akan di lakukan tidak ada dasarnya" ungkap Muhammad Sukri.

Arsip tidak boleh di anggap angin lalu. Jangan main musnahkan saja ketika melihat itu sudah menumpuk. Pemusnahan arsip tidak sembarangan. Kalau tidak sesuai aturan terbentur hukum.

Kearsipan sebetulnya bukan hal baru. Sejak zaman Jepang, Pemerintahan sudah menata Kearsipan. Arsip di Indonesia baru di bentuk saat zaman Jepang, jadi banyak yang tersisa untuk di pelajari. Untuk zaman Belanda dulu arsip belum terkelola, sebab itu sejarah penjajahan Belanda itu hanya ada di Belanda. Sebab jikalau tidak ada arsip, kita tidak akan mengetahui sejarah.


Komentar

  • sex toy review menulis:

    Oh my goodness! Amazing article dude! Thank you so much,
    However I am having troubles with your RSS.
    I don't know the reason why I am unable to subscribe to it.

    Is there anybody else having the same RSS problems?
    Anyone that knows the solution will you kindly respond? Thanks!! Oh my goodness! Amazing article dude! Thank you so much,
    However I am having troubles with your RSS.
    I don't know the reason why I am unable to subscribe to it.

    Is there anybody else having the same RSS problems?
    Anyone that knows the solution will you kindly respond? Thanks!!

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)