Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Bupati Kapuas Hulu, AM. Nasir, S.H menyerahkan nota keungan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Tahun Anggaran 2018 kepada jajaran Legislatif Kapuas Hulu, Kamis 16 November 2017, Pukul 09.00 Wib. Penyerahan tersebut melalui sidang paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu, H. Wan Taufikurahman. Turut menghadiri sidang tersebut, jajaran Forkompinda, para anggota DPRD serta pimpinan SKPD Kapuas Hulu. Dalam penyampaian pidatonya Bupati Kapuas Hulu, AM. Nasir, S.H mengatakan, APBD merupakan implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kapuas Hulu Tahun 2016-2021. RPJMD tersebut memuat visi dan misi pimpinan daerah. “Ini adalah tahun ketiga, tapi visi dan misi belum tercapai optimal. Jadi Tahun 2018 diharapkan pencapaian sesuai dengan dokumen yang sudah ditetapkan (RPJMD),” kata Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu.

Ditegaskan Bupati Kapuas Hulu, kebijakan umum di Tahun 2018, komposisinya mengakomodir urusan wajib dan urusn pilihan. “Memperhatikan apabila memperhatikan RPJMD, maka APBD Tahun 2018 meliputi 3 agenda pokok, yaitu memperkuat tata kelola Pemerintahan yang lebih baik dan bersih, memperkuat pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang bertumbu pada sumber daya daerah yang berkelanjutan, meningkatkan infrastuktur dasar dengan memperhatikan kelestarian lingkungan,”. Kegiatan yang diprioritaskan pada Tahun 2018 diantaranya adalah peningkatan sarana dan mutu pendidikan, pemerataan pelayanan kesehatan, peningkatkan keterbukaan konektifitas antar Kecamatan dan Desa, peningkatan sarana air bersih yang diarahkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,  intensifikasi dan ekstensifikasi lahan pertanian yang diarahkan kepada kemandirian pangan, peningkatan budidaya perikanan yang diarahkan pada produksi perikanan,  pengembangan produk unggulan masyarakat serta pelestarian serta pemanfaatan hasil hutan non kayu. “Ini untuk mempercepat visi Kapuas Hulu lebih sejahterah berdaya saing dan harmonis,” tegas Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu. 

Adapun APBD Kapuas Hulu Tahun 2018 terdiridari Pendapatan Daerah sebesar Rp1.608.023.933.164.00, dan Belanja Daerah sebesar Rp 1.632.213.876.264,00. Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu, Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu mengaharapkan, pada APBD Tahun 2018 mengedepankan efektifitas anggaran. Perlu juga diperhatikan penetapan tujuan dan pencapaian serta indikator kinerja yang ingin dicapai. “Kita berharap tahun depan betul-betul memprioritaskan pelayanan kepada masyarakat,”. Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu meminta agar Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menggali sumber-sumber pendapatan baru, agar PAD Kapuas Hulu meningkat. “Kalau pendapatan belum digali itu memang harus dicari. Gali terus potensi daerah kita,” tutup Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)