Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Pemerintah telah menyiapkan dana bantuan bagi pengusaha pemula. Dana yang akan diberikan minimal Rp10 juta dan maksimal Rp13 juta. Ketentuan tersebut diatur dalam peraturan deputi bidang pembiayaan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 08/Per/Dep.2/XII/2016 tentang petunjuk teknis pelaksanaan bantuan Pemerintah bagi wirausaha pemula. Sekretaris Dinas Perdagangan, UKM dan Koperasi Kabupaten Kapuas Hulu, Serli, S.Sos.MM menyampaikan, pihaknya sedang mengupayakan agar bantuan tersebut bisa dialokasikan untuk para wirausaha di Kapuas Hulu. “Jadi bantuan yang dimaksudkan sebelumnya bukan besaran Rp20 juta sampai Rp30 juta, tetapi berdasarkan peraturan deputi bidang pembiayaan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah tersebut,” kata Sekretaris Dinas Perdagangan, UKM dan Koperasi Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat 17 November 2017.

Sesuai ketentuan Sekretaris Dinas Perdagangan, UKM dan Koperasi Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, untuk mendapatkan bantuan tersebut bahwa setiap individu yang memiliki rintisan usaha produktif dan atau pelaku usaha yang mempunyai potensi mengembangkan usaha. “Dan usahanya telah berjalan minimal 6 bulan dan maksimal 3 tahun, dan banyak persyaratan lainnya,”. Persyaratan yang dikatakan Sekretaris Dinas Perdagangan, UKM dan Koperasi Kabupaten Kapuas Hulu tersebut diatas antara lain, memiliki sertifikat pembekalan kewirausahaan maksimal 2 tahun sebelum tahun anggaran. Artinya, sertifikat itu sudah dikantongi wirausaha pemula itu maksimal 2 tahun sebelum pencairan. “Dana pemula ini bukan dana kontan yang tersedia di Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, tapi  berada pada Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI,” jelas Sekretaris Dinas Perdagangan, UKM dan Koperasi Kabupaten Kapuas Hulu. 

Sekretaris Dinas Perdagangan, UKM dan Koperasi Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, Pengalokasian dana tersebut melalui proses usulan dengan persyaratan yang sudah tersebutkan dalam peraturan Deputi Bidang Pembiayaan. Apabila usulan di akomodir,  dengan persyaratan lengkap, dana bantuan tersebut disalurkan ke rekening UKM. “Tidak disalurkan uang kontan ke Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan,”. Lebih lanjut Sekretaris Dinas Perdagangan, UKM dan Koperasi Kabupaten Kapuas Hulu menjelaskan, program tersebut merupakan tindak lanjut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang usaha mikro, kecil dan menengah yang berasaskan berwawasan lingkungan. “Yaitu pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah, mengutamakan perlindungan dan pemeliharaan lingkungan hidup. Selanjutnya aturan tersebut juga mengatur bahwa Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah memfasilitasi pengembangan usaha dengan cara memberikan insentif bagi usaha mikro, kecil dan menengah,” tutup Sekretaris Dinas Perdagangan, UKM dan Koperasi Kabupaten Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)