Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Panwaslu Kapuas Hulu menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu Partisipatif dengan stakholder dalam rangka Pemilu, Sabtu 18 November 2017 di aula Bank Kalbar. Acara tersebut dihadiri Bupati Kapuas Hulu,  AM. Nasir, S.H berserta Kepala SKPD Kapuas Hulu. Ketua Panwaslu Kapuas Hulu, Mustaan menuturkan, partisipasi politik merupakan wujud kedaulatan rakyat. Hal itu adalah sesuatu yang fundamental dalam proses demokrasi. “Salah satu misi kami adalah mendorong pengawasan partisipatif berbasis masyarakat sipil. Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu harus lebih dahulu melalui proses sosialisasi dan transfer pengetahuan dan keterampilan pengawas pemilu kepada masyarakat,” kata Ketua Panwaslu Kapuas Hulu.

Ketua Panwaslu Kapuas Hulu mengungkapkan, sebelum sampai kepada peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, tantangan besar yang juga dihadapi Panwaslu adalah membangun kesadaran politik masyarakat. Kesadaran masyarakat atas kedaulatan yang dalam proses demokrasi nyatanya masih rendah. “Kerendahan kesadaran tersebut salah satu pemicunya adalah minimnya pengetahuan masyarakat mengenai demokrasi, Pemilu dan pengawasan pemilu,”. Disisi lain harus diakui bahwa, berdasarkan evaluasi, Panwaslu belum secara maksimal menyediakan informasi tersebut bagi masyarakat. Hasil kerja pengawasan, penegakan Hukum pemilu dan penanganan sengketa yang dijalankan Panwaslu juga belum terdokumentasi dan terinventarisir secara baik. “Bukan hanya media atau wadah penyampaian informasinya saja yang terbatas. Akses bagi masyarakat untuk mendapat informasi dan pengetahuan tersebut juga sangat terbatas,” ungkap Ketua Panwaslu Kapuas Hulu.

Sementara itu Bupati Kapuas Hulu, AM. Nasir, S.H mengatakan, kegiatan ini sangat penting karena strategis untuk sama-sama mengawasi proses pemilu nantinya. "Saya minta juga hal seperti ini, bisa ditindaklanjuti hingga ke Kecamatan. Supaya semuanya bisa bekerjasama dengan baik, ditingkat Kabupaten, Kecamatan, dan Desa,". Bupati Kapuas Hulu juga mengatakan, sosialisasi seperti ini bukan pertama kali dan setiap pemilu pasti dilaksanakan oleh penyelenggara, sesuai dengan tugas dan fungsinya. "Ini dalam rangka memahami perundang-undangan dalam pemilu, mungkin ada perubahan sehingga bisa membantu saat di lapangan," ucap Bupati Kapuas Hulu.

Menurut Bupati Kapuas Hulu, keadaan di daerah Kapuas Hulu selama ini masih tetap aman, dan kendali tidak seperti di daerah lain. Maka perlu ada kerjasama semua pihak, baik penyelenggara, masyarakat, dan stakeholder yang ada di Bumi Uncak Kapuas. "Jadi jangan dianggap sepele, kita tetap selalu harus melakukan sosialisasi dan bekerjasama dengan baik, bagaimana proses pemilu khususnya di Kapuas Hulu selalu aman dan terkendali,". Dengan ini Bupati Kapuas Hulu mengajak penyelenggara untuk selalu menjaga proses pemilu dengan baik, seperti tetap adil dan pemilu yang berkualitas. "Saya harap bisa berjalan dengan baik," tutup Bupati Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)