Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distan) Kabupaten Kapuas Hulu berupaya mendongkrak populasi sapi yang dimasukkan dalam program Upaya Khusus Sapi Wajib Bunting (Upsus Siwab). Bidang Peternakan pada Distan Kapuas Hulu terus menggencarkan teknologi Inseminasi Buatan untuk meningkatkan produktifitas sapi, sesuai target dari Pemerintah Pusat. Akan tetapi sejauh ini pencapaian Upsus Siwab baru 50 persen lebih, dari target yang ditetapkan tersebut. “Hingga minggu kedua bulan November 2017 ini, khusus untuk akseptor sapi kami baru mencapai  1.463 ekor dari target 2.250 akseptor sapi, sementara untuk sapi bunting baru tercapai  681 ekor dari target 1.463 ekor sapi,” ungkap Kepala Bidang Peternakan pada Distan Kapuas Hulu, Marytiningsih, Rabu 06 Desember 2017.

Kepala Bidang Peternakan pada Distan Kapuas Hulu, Marytiningsih menjelaskan, banyak faktor yang menghambat Upsus Siwab. Selain target yang diberikan Pemerintah Pusat tersebut lumayan tinggi, ada juga masalah lain yang dihadapi oleh pihaknya dilapangan. “Seperti peternak kurang antusias membawa ternak sapi betina dilokasi pemeriksaan. Kami kesulitan untuk menangani ternak sapi betina yang tidak dikeluh (diikat) hidungnya. Kemudian petugas selektor dan PKB ditingkat Kabupaten masih kurang,” ungkap Kepala Bidang Peternakan pada Distan Kapuas Hulu.

Tim Upsus Siwab Distan Kapuas Hulu sudah berupaya mencapai target yang ditentukan, salah satunya dengan mendatangi ternak sapi ke kandang dan dilokasi pengembalaan. Kata Kepala Bidang Peternakan pada Distan Kapuas Hulu, dalam kunjungan tersebut pihaknya mengingatkan kepada peternak sapi untuk dikeluh hidung sapinya. “Sampai sekarang saja, petugas kami tetap turun melakukan pemeriksaan sapi bunting di Kecamatan Putussibau Utara,”. Akan tetapi Kepala Bidang Peternakan pada Distan Kapuas Hulu mengaku optimis tahun depan Upsus Siwab di Kapuas Hulu tercapai, asalkan target tidak ditambah. “Soalnya tahun depan itu target Upsus Siwab kami 1.500 ekor, insyaallah tercapai,” tutup Kepala Bidang Peternakan pada Distan Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)