Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Bupati Kapuas Hulu, AM. Nasir, S.H mengikuti rapat koordinasi Cross border yang diadakan Kementerian Pariwisata mulai dari Tanggal 07 hingga 08 Desember 2017 di grand ballroom Alila Jakarta. Pada kegiatan tersebut Menteri Pariwisata Arief Yahya melaunching Calender of Event Cross Border Tahun 2018. Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, Pemerintah menyiapkan 214 event yang akan digelar di 29 area perbatasan (cross border) yang tersebar di 8 wilayah Indonesia. Agenda ini adalah upaya untuk menarik kunjungan 3,57 juta wisman lintas batas yang jadi target di 2018. “Kehadiran Calender even cross border 2018  akan menjadi stimulus bagi pariwisata di wilayah perbatasan,” kata Menteri Pariwisata, Jumat 08 Desember 2017.

Menteri Pariwisata mengatakan, kegiatan event dalam calender tersebut juga menjadi stimulus bagi wilayah perbatasan dalam membangun infrastruktur, sebagaimana dalam program Nawacita Pemerintah Jokowi-JK; membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam rangka Negara kesatuan serta membangun citra positif daerah lintas batas. “Membangun citra positif daerah lintas batas dari prespektif pariwisata, daerah lintas batas perlu mengembangkan daya tarik pariwisatanya. Mengembangkan Calendar of Events adalah salah satu upaya jangka pendek yang efektif dan efisien untuk meningkatkan daya tarik daerah lintas batas dibandingkan dengan membangun destenasi secara fisik,” kata Menteri Pariwisata.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar, I Gde Pitana mengatakan, Rakor Cross Border 2017 ini sebagai upaya memantapkan program kerja untuk meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia dengan melibatkan seluruh stake holder dan instansi terkait, antara lain Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP). Posisi indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga; baik lewat darat (Malaysia, Timor Leste dan Papua Nugini) maupun melalui laut (India, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Philipina, Republik Palau, Australia, Timor Leste, Papua Nugini) mempunyai potensi besar dalam menarik kunjungan wisman cross border. “Banyak Negara mengandalkan wisman cross border. Sebagai benchmarking kunjungan wisman di Belanda 93% adalah wisman cross border dari Negara tetangga seperti Jerman, Belgia dan Prancis. Begitu pula dengan wisman Malaysia lebih dari 65 % adalah dari Singapura, Indonesia dan Thailand,” kata Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar. Hingga Januari-Oktober 2017 jumlah kunjungan wisman cross border ke Indonesia mencapai 2,83 juta wisaman atau 90,17 % dari target sebesar 3,14 juta wisman. Untuk mencapai target tersebut tahun ini Kemenpar menggelar sebanyak 214 event di 29 area yang tersebar di 8 wilayah; Kepri, NTT, Papua, Kalbar, Riau, Kalimantan Utara, Sulut dan Kaltim.

Bupati Kapuas Hulu, AM. Nasir, S.H mengatakan, Pemkab Kapuas Hulu akan berupaya meningkatkan kunjungan wisman dari wilayah perbatasan. Sehingga target yang ditetapkan secara Nasional bisa tercapai. “Kita upayakan untuk mendongkrak masuknya wisman lewat border,” tegas Bupati Kapuas Hulu. Bupati Kapuas Hulu menuturkan, Kapuas Hulu memiliki Taman Nasional Danau Sentarum dan Betung Kerihun untuk menjadi daya tarik masuknya wisman lewat perbatasan. Apalagi posisi Danau Sentarum tidak jauh dari pintu perbatasan RI-Malaysia yang ada di Kecamatan Badau. “Kita akan terus promosikan Danau Sentarum dengan berbagai cara, salah satunya kegiatan festival seperti yang diadakan beberapa waktu lalu di Kecamatan Batang Lupar,”. Selama ini, kata Bupati Kapuas Hulu, Kapuas Hulu sudah cukup banyak wisman yang masuk. Mayoritas mengunjungi Danau Sentarum dan Betung Kerihun, selain itu objek wisata Bukit Tilung juga. “Wisatawan dari Malaysia sering masuk ke Kapuas Hulu untuk mengunjungi Bukit Tilung. Saya berharap kedepan lebih banyak lagi wisatawan yang masuk ke Bumi Uncak Kapuas,” tutup Bupati Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)